Internet Siap Mengjangkau ke Berbagai Kecamatan

Belum lama diangkat apakah masih ingat program kerja Menkominfo Tifatul Sembiring pada awal masa kerjanya? Salah satunya, melanjutkan rangkaian USO (Universal Service Obligation). Bentuk nyatanya yaitu mewujudkan Desa Berdering dan Desa Pintar.

Desa Berdering merupakan komitmen pemerintah untuk membuka jaringan telepon sampai ke pelosok kecamatan, sementara Desa Pintar lebih berfokus pada perkenalan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Antara lain lewat pemberian komputer dan koneksi Internet. Oleh karena itu, program kedua ini dikenal juga dengan Penyelenggara Jasa Internet (PJI) Kecamatan.

Untuk membangun infrastrukturnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memercayakan kepada empat perusahaan lokal. Mereka adalah: PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta), PT Telkom, PT Jastrindo Dinamika, dan PT Sarana Insan Muda Selaras. Kuartet ini merupakan pemenang tender yang baru diumumkan beberapa waktu lalu. Masing-masing diberi tanggung jawab di beberapa wilayah berbeda.

Dalam keterangan persnya, Lintasarta menginformasikan, mereka memperoleh tiga paket proyek Desa Pintar. Ketiganya yaitu: Paket 7 (Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur), Paket 8 (Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur), dan Paket 9 (Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua). Total kecamatan yang dicakup mencapai lebih dari 1500.

Noor SDK Devi (Direktur Utama Lintasarta) berujar, ”Selain mempersiapkan jaringan Internet yang andal di daerah pedesaan, kami juga merencanakan untuk mengembangkan konten aplikasi yang berguna bagi kemajuan desa-desa tersebut."

Melalui program ini, Lintasarta berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, bermitra dengan UKM atau koperasi, serta memperluas pengetahuan dan kompetensi SDM lokal di bidang TIK. Selain bentuk pengabdian masyarakat, Lintasarta menganggap ini sebagai kesempatan besar meningkatkan brand awareness publik terhadap produk dan layanan yang mereka miliki.
oleh Erry FP. |

0 Response to "Internet Siap Mengjangkau ke Berbagai Kecamatan"

Post a Comment